Selasa, 11 April 2017

Pengantar Inkscape

Definisi Inkscape
            Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas di bawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS.
            Inkscape bersifat cross-platform[1] dan dapat dijalankan pada Mac OS X (biasanya di bawah aplikasi X11, walaupun toolkit GTK+ yang digunakan dapat dikompilasikan untuk beroperasi secara langsung di bawah Quartz[2]), sistem operasi berbasis Unix, dan Microsoft Windows. Implementasi SVG dan CSS di Inkscape belum sempurna, misalnya Inkscape tidak mendukung animasi SVG, dan font SVG, walaupun dukungan dasar untuk pembuatan font SVG telah diimplementasikan pada versi 0.47. Inkscape bersifat multibahasa, terutama untuk antarmuka dan script rumit, sesuatu yang sering terlewatkan pada sebagian besar editor grafik vektor komersil.
            Hingga 2010, Inkscape dalam proses pengembangan aktif, dengan penambahan fitur dan antarmuka baru secara rutin pada setiap rilis baru.

Tampilan dokumen pada Inkscape



Status Bar

            Status Bar adalah daerah paling bawah dari antarmuka Inkscape. Status Bar adalah daerah paling bawah dari antarmuka Inkscape. • Color indicator for the object Warna indikator untuk objek • Quick layer selector Cepat lapisan pemilih • Help message area Bantuan pesan area • Mouse Coordinate indicator Koordinat Mouse Indikator • and finally a Zoom Factor in which one can write the exact zoom factor they want to use. dan akhirnya Faktor Zoom di mana orang bisa menulis tepat faktor zoom yang ingin mereka gunakan.

Menu

            Perintah (command) dalam inkscape dikelompokkan dalam menu sebagai contoh menu File, berisi perintah yang berhubungan dengan pengelolaan file yaitu seperti Save, Save As, Open File, Import. Demikian juga dengan menu Edit, seperti halnya pada aplikasi GTK menu edit digunakan untuk melakukan perintah Copy, Cut, Paste dan sebagainya.

Commands bar

            Terletak di bagian atas area kerja secara langsung di bawah Menu Bar. Berisi ikon shortcuts untuk melakukan suatu perintah tertentu. Sebagai contoh perintah Save ataupun Print yang dapat diakses melalui menu File dapat anda akses melalui commands Bar.

Ruler dan Canvas

Memperbesar dan memperkecil tampilan kanvas
            Memperbesar dan memperkecil tampilan berguna ketika kita akan melihat atau menambahkan suatu detil objek gambar. Secara mudah, memperbesar atau memperkecil tampilan dapat dilakukan dengan meletakkan kursor pada kanvas kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol Ctrl bersamaan dengan menggerakkan mouse wheelCara lain adalah dengan menggunakan Ctrl+klik kanan untuk memperbesar dan Shift+klik kanan untuk memperkecil.

Toolbox


                                                

Toolbox (gambar disamping kiri) merupakan kotak vertikal yang berisi alat edit utama pada Inkscape. Pada toolbox terdapat kelengkapan menggambar sederhana seperti kotak, lingkaran, spiral, poliginal termasuk pencil tools (freehandcurve dancalligraphic) dan text serta gradient.
Dapat dilihat pada gambar disamping, terdapat ikon segitiga kecil pada bagian paling bawah. Segitiga kecil ini menunjukkan beberapa tool (seperti text, gradient, connector dan dropper). Klik ikon segitiga kecil tersebut dan kita akan menemukan tool yang tidak diperlihatkan pada toolbox.



Color palette dan status bar

            Color palette seperti tampak pada gambar dibawah ini berguna untuk memudahkan mengaplikasikan warna pada objek, sementara itu status bar menunjukkan koordinate mouse, indikator warna, termasuk faktor perbesaran.
Bekerja dengan dokumen
Ada beberapa hal dasar yang paling tidak harus kita ketahui sebagai berikut:
1.    Membuat dokumen baruMembuat dokumen baru merupakan langkah awal yang biasa dilakukan ketika menggunakan Inkscape. Pilih menu File >> New. Dari sini kita dapat memilih beraneka ragam ukuran dokumen seperti ukuran wallpaper, A4, letter, dan sebagianya.
2.    Menyimpan dokumenPilih menu File >> Save atau Menu >> Save as. Dengan pilihan terakhir kita akan dibawa ke kotak dialog yang meminta kita untuk menuliskan nama berkas (file) serta di foder mana berkas akan kita simpan. Dokumen dapat pula disimpan menjadi format SVG, PDF, PNG, Bitmap, JPG, XCF, dan lain sebagainya.
Untuk merubah ukuran atau tampilan dokumen (menjadi melintang/ landscape atau membujur/ portrait) kita dapat menggunakan kotak dialog Document Properties.Pilih menu File >> Document Properties atau tekan Shift+Ctrl+D.

Control Bar

            Controls Bar terletak langsung di bawah commands Bar Perintah . Dengan cara memilih (klik) salah satu tool pada Tool Box (sebelah kiri vertikal) maka akan tertampil Contol Bar yang sesuai dengan Tool yang dipilih pada tool Box.


Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar