Nama :
Siti Dwi Suryatmi
NPM :
1A114341
Kelas : 2KA30
Teori Organisasi Umum
BAB
I
PENDAHULUAN
Organisasi
adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih, atau organisasi adalah
setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian tujuan bersama. Organisasi menurut
Stoner adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di
bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama. Organisasi menurut James D.
Mooney adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
Organisasi Menurut Chester I. Bernard merupakan suatu sistem aktivitas kerja
sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
1.1
Latar Belakang Masalah
Organisasi
merupakan suatu wadah atau tempat dimana orang-orang dapat bersama untuk
mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan tanpa adanya organisasi menjadi
saat bagi orang-orang untuk melaksanakan suatu kerja sama, sebab setiap orang
tidak mengetahui bagaimana cara bekerja sama tersebut akan dilaksanakan. Suatu
organisasi, selain merupakan tempat kerja sama juga merupakan proses kerja sama
sedikitnya antar dua orang. Dalam prakteknya, jika kerja sama tersebut di
lakukan dengan banyak orang, maka organisasi itu di susun harus lebih sempurna
dengan kata lain proses kerja sama di lakukan dalam suatu organisasi, mempunyai
kemungkinan untuk di laksanakan dengan lebih baik hal ini berarti tanpa suatu
organisasi maka proses kerja sama itu hanya bersifat sementara, di mana
hubungan antar kerja sama antara pihak-pihak bersangkutan kurang dapat diatur
dengan sebaik-baiknya. Maka dari urain itu daalm makalah ini akan dijelaskan
mengenai pengertian organisasi dan hal-hal lain yang berhubungan dengan
organisasi.
1.2 Tujuan
1. Bertujuan untuk mengetahui proses perubahan dan pengembangan
organisasi
2. Untuk mengetahui bagaimana suatu organiasi dapat berubah dan
berkembang
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Ciri-Ciri
Organisasi Secara umum
- Memiki tujuan dan sasaran
- Memiliki komponen yaitu atasan dan bawahan
- Adanya kerja sama yang terstruktur
- Memiliki pendegelasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas.
- Memiliki keterikatakan format dan tatat tertip yang harus ditaati
2.1.1 Ciri-Ciri Organisasi Menurut Para Ahli yaitu
Berelson dan Steiner
·
Formalitas,
adalah ciri organisasi sosial yang
merujuk pada perumusan tertulis daripada peraturan-peraturan,
ketetapan-ketetapan prosedur, kebijaksanaan, tujuan, strategi dan seterusnya.
·
Hierarki, adalah ciri organisasi yang mengacu pada pola kekuasaan dan
kewenangan yang berbentuk piramida, artinya terdapat orang-orang tertentu
dengan kekuasaan dan kewenangan yang tinggi dari pada orang biasa dalam
organisasi tersebut.
·
Besar dan
Kompleksnya, adalah ciri organisasi sosial yang
memiliki banyak anggota sehingga hubungan sosial antar anggota adalah tidak
langsung (impersonal) yang biasanya disebut dengan "gejala birokrasi"
·
Lamanya
(Duration), adalah ciri organisasi dimana
eksistensi organisasi lebih lama dari pada keanggotaan pada organisasi
tersebut.
2.1.2 Ciri-Ciri Organisasi Modern
·
Organisasi bertambah besar
·
Penggunaan staf lebih intensif
·
Unsur-unsur organisasi lebih lengkap
·
Pengelolaan data semakin cepat
·
Adanya prinsip-prinsip atau
azas-asaz organisasi
·
Cenderung spesialisasi
2.2 Unsur-Unsur
Organisasi - Setiap organisasi memiliki beragam
unsur antara lain sebagai berikut..
2.2.1 Unsur-Unsur Organisasi Secara Umum
·
Man, adalah unsur utama pembentuk organisasi yang disebut sebagai
personil atau anggota yang menurut fungsi dan tingkatannya terdiri atas unsur
pimpinan (administrator) sebagai pemimpin tertinggi organisasi, para manajer
pemimpin unit tertentu suatu kerja sesuai fungsinya dan para pekerja (workers).
Setiap hal tersebut merupakan kekuatan organisasi.
·
Kerja
Sama, adalah unsur organisasi dimana
setiap anggota atau personil melakukan perbuatan secara bersama-sama untuk
tujuan bersama.
·
Tujuan Bersama,
adalah Sasaran yang ingin dicapai/
diharapkan baik dari prosedur, program, pola atau titik akhir dari pekerjaan
organisasi tersebut.
·
Peralatan
(Equipment), adalah sarana dan prasarana yang
berupa kelengkapan dari organisasi tersebut baik itu berupa bangunan (gedung,
kantor), materi, uang, dan kelengkapan lainnya.
·
Lingkungan
(Environment), adalah unsur organisasi yang juga
memiliki pengaruh. Faktor tersebut adalah ekonomi, sosial budaya, strategi,
kebijaksanaan. anggaran, dan peraturan yang telah ditetapkan.
·
Kekayaan
Alam, yang termasuk dengan kekayaan alam
adalah air, cuaca, keadaan iklim, flora dan fauna.
·
Kerangka/Kontruksi
Mental Organisasi, adalah landasan dari organisasi
yang berada pada visi organisasi tersebut dibuat.
2.2.2 Unsur-Unsur Organisasi Menurut Keith Davis
·
Unsur
Pertama, bahwa partisipasi atau keikutsertaan
sesungguhnya merupakan keterlibatan mental dan perasaan, lebih daripada
semata-mata atau hanya keterlibatan secara jasmaniah
·
Unsur
Kedua, adanya sikap sukarela dalam membantu
kelompok mencapai tujuan tertentu.
·
Unsur
Ketiga, unsur tanggung jawab merupakan rasa
yang paling menonjol dalam menjadi anggota
2.2.3 Unsur-Unsur Dasar Organisasi
·
Personil atau anggota
·
Visi
·
Misi
·
Wewenang
·
Struktur
·
Hubungan
·
Formalitas
·
Sumber Energi
·
Proses Kegiatan organisasi
2.3 Teori-Teori
Organisasi - Terdapat macam-macam teori
organisasi antara lain sebagai berikut..
2.3.1 Teori
Organisasi Klasik adalah teori yang memiliki konsep
organisasi mulai dari tahun 1800 (abad 19) yang mendefinisikan organisasi
adalah sebagai struktur hubungan, kekuasaan-kekuasaan, tujuan-tujuan,
peranan-peranan, kegiatan-kegiatan, komunikasi dan faktor lain ketika orang
bekerja sama. Teori klasik sangat tersentralisasi dan tugas-tugasnya
terspesialisasi serta pemberian petunjuk mekanistik struktural yang kaku dan
tidak kreatif yang digambarkan oleh para teoritisi. Teori Klasik disebut juga
dengan teori tradisional. Teori klasik berkembang dalam 3 jenis aliran antara
lain sebagai berikut..
·
Teori
Birokrasi, teori birokrasi dikemukakan oleh Max
Weber dalam bukunya yang berjudul "The Protestant Ethic and Spirit of
Capitalism
·
Teori
Administrasi, teori administrasi dikembangkan
atas sumbangan dari Henry Fayol dan Lyndall Urwick dari Eropa serta Mooeny dan
Reliey dari Amerika
·
Manajemen
Ilmiah, teori ini dikembangkan oleh
Frederick Winslow Taylor yang dimulai pada tahun 1900.
2.3.2 Teori
Organisasi Neoklasik adalah Teori yang menekankan pada
pentingnya aspek psikologis dan sosial, baik sebagai individu dan kelompok
dalam lingkungan kerja. Teori Neoklasik adalah teori/aliran hubungan manusia
(The Human Relation Movement). Dalam pembagian kerja, diperlukan hal-hal
berikut yang telah dikemukakan teori neoklasik antara lain sebagai berikut..
·
Partisipasi, yaitu melibatkan setiap
orang dalam proses pengambilan keputusan
·
Perluasan kerja, yaitu sebagai
kebalikan dari pola spesialisasi
·
Manajemen bottom-up, yang akan
memberikan kesempatan para junior untuk berpartisipasi dalam pengambilan
keputusan manajemen puncak.
2.3.3 Teori
Organisasi Modern adalah teori yang bersifat terbuka
dimana semua unsur organisasi satu kesatuan yang saling ketergantungan. Teori
modern dipelopori oleh Herbert Simon yang ditandai dan dimulai disaat
berakhirnya gerakan contingency. Teori modern disebut juga sebagai analisa
system pada organisasi yang merupakan aliran ketiga terbesar dalam teori
organisasi dan manajemen. Sistem terbuka yang dipelopori Katz dan Robert kahn
dalam bukunya "the social psychology of organization". yang
menjelaskan dalam bukunya mengenai keunggulan sistem terbuka.
BAB III
PENUTUP
3.1 Analisis
Pendapat
Anda Tentang Organisasi yang Baik
Menurut pendapat saya, tentang
organisasi yang baik adalah organisasi yang mempunyai tujuan dan misi yang
tersusun rapih. Karna jika sudah tersusun rapih tentu nya organisasi tersebut
akan berjalan dengan baik dan terarah. Terarah dalam arti organisasi tersebut
tidak melenceng kemana-mana, jadi organisasi tersebut akan tetap pada tujuan
awal. Tentu nya juga ada nya kerja sama yang baik antar anggota organisasi
lainnya.
3.2 Kesimpulan
Pada
dasarnya Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih, atau
organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian tujuan bersama,
organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja
antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk
bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
Adapun ciri-ciri dari organisasi
adalah :
- Adanya komponen ( atasan dan bawahan)
- Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang)
- Adanya tujuan
- Adanya sasaran
- Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
- Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas
Secara garis besar organisasi
mempunyai tiga unsur yaitu :
- Manusia.
- Kerjasama.
- Tujuan bersama-sama.
Teori Organisasi :
- Teori Organisasi Klasik (Teori Tradisonal)
- Teori Birokrasi.
- Teori Administrasi.
- Manajemen Ilmiah.
- Teori Neoklasik (Teori hubungan antar manusiawi)
- Teori Organisasi Modern
DAFTAR
PUSTAKA/SUMBER
·
http://aulia-ngeblog.blogspot.com/2010/02/definisi-organisasi-dan-metode.html
·
http://id.shvoong.com/social-sciences/education/1931283-ciri-ciri-organisasi/
·
http://tutorialkuliah.blogspot.com/2009/09/unsur-unsur-organisasi.html
·
http://pengertiancv.blogspot.com/2009/04/pengertian-cv.html
·
http://wirausahasopari.blogspot.com/
·
http://patriarizko12.blogspot.com/2010/09/pengertian-holding-company-trust-kartel.html
·
http://semuakisahcinta.blogspot.com/2009/10/arti-pentingnya-organisasi-metode.html
·
http://www.artikelsiana.com/2015/04/pengertian-organisasi-tujuan-ciri-ciri-manfat-unsur-unsur-organisasi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar